ada

Wednesday, August 31, 2016

Acer 4736 Laptop Normal tp lcd cuma nyala



Acer 4736 Laptop Normal tp lcd cuma nyala

kemungkinan nya adalah backligt tidak nyala, atau rangkain inventer backligt OK, tetapi tidak ada sinyal data yg berasal dari mobo


- apakah waktu pertama dinyalakan ada seklebat cahaya (kecil sekali agan harus ngecek nya deket bgt)..?? kalo ada berarti backligt berfungsi dengan baik dan harus nya pada keadaan ini agan bisa melihat tampilan walau tanpa backligt dengan mendekatkan sumber cahaya yg cukup pada lcd nya.
- kalo tidak ada cahaya sama sekali, coba cek rangkain inventer backligt nya di dalam lcd, harus nya ada 4 kabel yng masuk ke rangkaian tsb, 1 jalur utk teg suplay (19v) 1 jalur on/off, 1 jalur untuk ADJ/Brightnes dan 1 jalur lagi untuk ground


-biasa yg masalah adalah untuk jalur on/off atau jalur ADJ. kalo ada salah satu dari kedua jalur tersebut yg hilang, tetapi satu jalur satunya lagi ada tegangannya, coba az di short kan sbentar untuk kedua jalur tersebut, biasanya kalo kedua jalur tersebut ada tegangan maka backligt akan nyala, tapi cara tadi hanya untuk testing saja, kalo misal berhasil silahkan telusuri tegangan yg hilang dari jalur tersebut..


- kalo rangkain inventer tidak ada masalah, coba cek jalur data dari rangkaian mobo, kalo tidak ada tegangan, biasanya chipset ada masalah, ingat walaupun pake monitor external bisa tampil, tapi belum tentu pake internal bisa tampil juga karna rangkaian externel dan internal emang terpisah..:)
just sharing pengalaman gan...:)

- Bisa juga terjadi masalah di ISL6262 ato ISL6266 nya gan (klo gak salah tu kode ic nya....)

- Atau bisa di rehot IC VGA nya yang pake rodeon atau Nvidia

SEMOGA BERMANFAAT



No comments:

Post a Comment